Welcome to our website !

Bakery: Resep Pain Façon Beaucaire (French Bread)

By 05.14 , , ,

resep di adopsi dari buku berjudul Dough 
Recipe adapted from Dough


richard bertinet handmade loaf white bread flour instant dry dried yeast compressed fresh homemade french soft large holesRecipe adapted from Dough


Bahan-bahanTepung terigu 500 g
Ragi instant (instant dried yeast) 2sdt(5gr)
Air 350 ml
Garam  2 sdt
Aduk tepung terigu dan ragi bersamaan di dalam mixing bowl. masukkan air dan garam. Aduk semua bahan menggunakan spatula kayu (wooden spoon) . Setelah tercampur pindahkan adonan ke atas papan /talenan yang sudah  di beri serbuk tepung sedikit agar adonan tidak lengket lalu mulailah menguleni adonan (+- 20 menit- selama menguleni di usahakan tidak menambah-nambah tepung lagi). Simpan adonan ke dalam mixing bowl yang sudah diminyaki sedikit dan tutup bowl menggunakan plastic wrap dan biarkan adonan mengembang selama +- 1jam.
Sambil Menunggu , panaskan oven sampai suhu 230°C (450°F).
Saat adonan telah meningkat menjadi 2x lipat , simpan adonan di atas papan /talenan  lipat kedua sisi adonan bagian yang panjang ke dalam ,ukuran akan menjadi persegi panjang +- 6x12. Olesi bagian atas adonan dengan air dan sedikit tepung. Setelah itu lipat kembali bagian lebar ke dalam +- menjadi 6x5 dan beri kembali air dan taburan tepung terigu di kedua sisi yang di lipat dan rapatkan kedua sisi tersebut. 

Setelah itu bungkus agak longgar ke dua adonan yang sudah terbagi 2 menggunakan kain/lap bersih&kering dengan posisi adonan yang terbelah yang berada di sisi bawah dan atas, biarkan adonan naik ke atas selama 30 menit.
Setelah 30 menit keluarkan adonan dari kain/lap dan potong adonan menjadi 6 bagian dan taruh kembali adonan ke dalam kain/lap , tunggu selama 30 menit sampai adonan mengembang kembali.
Panggang roti selama 12-15  menit ke dalam oven  . Dinginkan di atas rak kawat


richard bertinet handmade loaf white bread flour instant dry dried yeast compressed fresh homemade french soft large holes


sumber:
Buku Catatan @ChefErva
http://tinytearoom.com/pain-facon-beaucaire-richard-bertinet/
http://www.bookdepository.co.uk/Dough-Richard-Bertinet/9781856267625/?a_aid=cbookm


Translate and post by 
@ChefErva
www.foodlabo.blogspot.com
^^ 

You Might Also Like

0 komentar